Selasa, 05 Juni 2012


Peta Kelua

Kelurahan Pulau yang letaknya di Pasar Kelua adalah Ibukota kecamatan dari Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Indonesia.
Kota Kalua letaknya sekitar kurang lebih 20 km dari Tanjung ibu kota dari Kabupaten Tabalong,
Kota Kalua bisa dikatakan adalah jalan Propinsi, karena jalan di Kalua adalah jalan penghubung antara Propinsi yang ada di Kalimantan, yaitu dari Kalimantan Selatan (Banjarmasin), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan kalimantan Timur (Samarinda), melalui jalan darat.
Disamping ini adalah sebuah Peta dari kabupaten tabalong  yang memiliki beberapa kecamatan, pada peta juga terlihat beberapa warna yang menjadi pembatas antara kecamatan-kecamatan yang ada :

Akan saya jelaskan peta disamping ini diambil dari warna paling bawah :
Biru : Kec. banua Lawas
Merah : Kec. Pugaan
Hijau Muda : Kec. Kelua
Biru Muda : Kec. Muara Harus
Ungu  : Kec. Murung Pudak
Kuning  : Kec. Tanta
Coklat Muda : Tanjung
Dan selanjutnya diatasnya lagi ada Kecamatan Haruai, Bintang Ara, Jaro, Upau dan Muara Uya. yang kesemuanya adalah kecamatan dari kabupaten tabalong, (maaf kalau saya salah menyebutkan warna)
Kota Kalua ini sangat ramai di lalui orang, bahkan kota Kalua ini tidak kalah ramainya dengan kota Texas Amerika, karena kota Kalua adalah kota yang tidak pernah tidur, siang dan malam.
Yang membuat rame Kalua pada siang dan malam hari adalah warung-warung yang ada di terminal kalua, Warung-warung nya memang biasa dari segi bentuk dan struktur bangunannya, namun yang luar biasa adalah para gadis penjaga warung nya, karena gadis-gadis penjaganya langkar-langkar dan seksi-seksi, (kada kalah bungasnya lawan bubuhan artis Aura kasih atau Nikita Willy). Warung-warung ini biasa dipanggil "Warsay". artinya adalah Warung Sayank, gadis- gadis warsay nya pun tidak kalah cantiknya dengan ladies-ladies di HBI, (mana bungas-bungas, sintal-sintal, putih-putih ha pulang nang kaya hintalo babasuh).

Karena Topik pada Blog ini adalah membahas Kota Kelua, jadi untuk sementara yang keberikutnya akan penulis sajikan Denah peta kalua / kecamatan kelua saja yang lebih rinci dan detail dipaparkan,.
Tempat, kampung dan jalan yang ada di sekitaran Kelua, namun tidak secara full keseluruhan.

Kotak persegi panjang itu adalah pasar kalua, tempat orang berjual beli dan jantungnya dari kota kelua.
Kamudian yang warna ungu itu adalah sungai Tabalong yang manjadi jalur transportasi di kalua yang mahubungakan kalua lawan daerah lain.
selanjutnya yang berbintik bintik hitam itu adalah kampung yang ada di daerah kalua.




Kemudian yang berikutnya akan penulis tampilkan beberapa gambar Kota Kelua yang di sorot dari atas langit yang bisa dikatakan  kecanggihan teknologi sekarang. mun kada salah "satelite" jer orang ngarannya. disini tampak jelas gambar Banua Kalua sampai ke rumah-rumah penduduknya.
Pada gambar ini diberi 2 kotak, pada kotak atas yang pertama adalah sebuah tempat yang namanya terminal kelua, dan yang ada dalam kotak dibawah adalah pasar grosir Kalua, orang Kalua manyambatnya ngintu Mall pang.



Yang ini adalah Mesjid Besar Kota Kelua yaitu Mesjid Besar Ar-Ridha Kelua. Semoga nuansa islami dan Keagamaan yang ada di Kota Kelua akan selalu jaya, makmur ,Damai,  besar dan megah sebesar Mesjid Ar-Ridha Kelua.amin............... ya Rabbal Alamin.






Pada gambar disamping, kotak yang paling besar adalah Sekolah SMPN 1 Kelua, dan kotak kecil yang ada diatasnya adalah Langgar Raudatul Fitrah!
Selanjutnya yang ada didalam lingkaran kuning itu adalah sebuah gang kecil namanya Gang Setuju, kenapa penulis memasukkan Gang kecil itu di Blog ini, karena disitu daerah rumah penulis dibesarkan dari kecil sampai berumur kurang lebih 23 tahun dan akhirnya pindah ke kotaBanjarmasin, kenangan indah semasa kecil disitu takkan terlupakan, suka duka, manis pahit, ^_^




Garis kuning memanjang itu adalah jalan yang namanya timbuk sibacu, timbuk sibacu jalannya masih panjang sampai ka daerah Muara desa Purai dan desa Banua Rantau. pada jalur Timbuk Sibacu ini ngumpul Sekolah-sekolah dari SD sampai Perguruan tinggi, walaupun Perguruan tinggi nya cuma ikut nebeng di MAN 1 Kelua.
Yang ada dalam kota-kotak itu adalah sekolah-sekolahnya.
dari urutan yang kotak yang paling besar sebelah kanan kekiri dapat diurutkan sebagai berikut :
MAN 1 Kelua / STAI Al-Jami Banjarmasin, Msn Kelua dan SDN PAri-Pari.





Yang ada dalam kotak itu adalah SDN Pulau 1, di SD tersebut dulunya orang tua penulis sempat mengajar sebagi guru.
Kabarnya dulu SD itu namanya SDN Kambang Kuning, karena di halaman sekolahnya ada Pohon besar dan daunnya berwarna kuning nan indah berguguran berguguran di halaman sekolah, sampai pada akhirnya sekarang Sekolah tersebut diberi nama SDN Pulau 1.




Gambar disamping adalah gambar kampung yang namanya adalah Masintan, yang panjang membentang dari sungai tabalong itu  adalah jembatan Masintan yang sudah lama sekali tapi masih kokoh sampai sekarang dan masih bisa dipergunakan. menurut kisah  orang tua dulu, jembatan itu adalah jembatan peninggalan dari penjajahan belanda di desa tersebut.



Untuk sementara beberapa gambar ini saja dulu yang di sorot , yaitu hanya daerah yang berdekatan dengan jantung Kota Kelua (Pasar Kelua),  Amun ditampilakan sabarataan Lucut kena Unda, mungkin lain waktu penulis bisa manampilakan tiap kampung dari kota kalua. dan bisa lebih baik lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar