BAHAN AJAR PAI

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : X / 1
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai
Penerapan
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
1.1  Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78




1.2  Menyebut-kan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mampu menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78




1.3  Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.



Al-Qur’an
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
2.1  Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163





2.2  Menyebut-kan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163




2.3  Menampil-kan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163



Akidah
3.    Mening-katkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
3.1 Menyebut-kan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna
§ Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna





3.2 Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna
§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia




3.3 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna



Akidah
4.    Membias-akan perilaku terpuji
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku  husnuzhan
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.





4.2 Menyebut-kan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.





4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.




Fikih
5.    Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
5.1  Menyebut-kan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.




5.2  Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.




5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§ Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi




Tarikh dan Kebudayaan Islam
6.    Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
6.1  Mencerita-kan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.




6.2  Mendeskrip-sikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

§ Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.



Jumlah






Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar