PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Tahun
Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek
|
Ket
|
|
Penguasaan Konsep dan
Nilai-nilai
|
Penerapan
|
||||
Al-Qur’an
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
|
1.1 Membaca
Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl :
78
|
§ Mampu
membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14;
56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§
Mampu
mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S.
AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
|
|||
1.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§
Mampu menterjemahkan
Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat;
56. dan An Nahl: 78
|
||||
1.3 Menampil-kan perilaku sebagai khalifah di
bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30,
Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
||||
Al-Qur’an
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang keikhlasan dalam beribadah
|
2.1 Membaca
Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163
|
|||
2.2 Menyebut-kan arti Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
|
||||
2.3 Menampil-kan perilaku ikhlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam
Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S
Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S
Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S
Al-An’am: 162-163
|
||||
Akidah
3. Mening-katkan keimanan kepada
Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna
|
3.1 Menyebut-kan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
§ Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
|||
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
§ Mampu menjabarkan 10 sifat Allah
ke dalam sifat manusia
|
||||
3.3 Menampil-kan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
§ Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam
kehidupan sehari-hari.
§ Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
||||
Akidah
4. Membias-akan perilaku terpuji
|
4.1 Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan
|
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.
|
|||
4.2 Menyebut-kan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
|
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.
|
||||
4.3 Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam
kehidupan sehari-hari
|
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
||||
Fikih
5. Memahami
sumber hukum Islam, hukum taklifi,
dan hikmah ibadah
|
5.1 Menyebut-kan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
|
§ Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam.
§ Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
§ Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.
|
|||
5.2 Menjelaskan
pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
|
§ Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
§ Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
|
||||
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan
sehari-hari
|
§ Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
§ Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum
taklifi.
§ Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi
|
||||
Tarikh dan Kebudayaan Islam
6. Memahami keteladanan
Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
|
6.1 Mencerita-kan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode
Mekkah
|
§ Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
§ Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
§ Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
|
|||
6.2 Mendeskrip-sikan substansi dan strategi
dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
|
§ Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
§ Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
|
||||
Jumlah
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
|
.............. ,
...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar